5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

helsinki finlandia
Pendidikan menjadi hal penting bagi manusia. Karenanya setiap negara di atas bumi berusaha menciptakan sistem pendidikan yang terbaik. Untuk mandapatkan formulanya, ada yang harus melalui kajian panjang.

Agaknya manusia di bumu sepakat jika pendidikan adalah hal yang mutlak diperlukan. Di Indonesia, pendidikan juga tak kalah urgent-nya sehingga terjadi perubahan.

Misalnya kurikulum, penerimaan murid baru dan kondisi lainnya. Bahkan pemerintah pun sudah menetapkan Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei. Tetapi tahukah sobat negara mana yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia?

Yuk kita bedah satu persatu lima negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik tersebut:

1. Finlandia

Sistem pendidikan di negara yang terletak di ujung Benua Eropa ini bisa disebut unik. Beberapa keunikan itu diantaranya biaya sekolah gratis, siswa tidak diwajibkan berseragam serta Ujian Nasional.

Negara ini juga menciptakan sistem pendidikan hingga soal ruang kelas. Di ruang kelas, sistem pembelajaran tergolong santai dan informal. Tampaknya sepele namun nyatanya tak banyak yang mampu menerapkannya secara konsisten.

Untuk mendukung sistem pendidikannya, Finlandia hanya memilih orang-orang terbaik untuk menjadi guru. Negara pun berusaha menanamkan kecintaan membaca warganya sejak dini.

2. Tiongkok

Beberapa daerah di China, khususnya Shanghai dan Hong Kong, memiliki kualitas pendidikan tinggi. Sistem pendidikan di kedua wilayah ini memiliki peringkat tinggi dalam PISA (Programme for International Student Assessment).

PISA sendiri merupakan program yang melakukan studi mengenai prestasi anak- anak berusia 15 tahun yang dilakukan oleh OECD, sebuah organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia.

3. Kanada

Negara Amerika Utara ini juga dikenal memiliki standar dan kualitas pendidikan yang tinggi. Kanada rela mengeluarkan anggaran yang besar setiap tahunnya untuk dana pendidikan. 

Setiap daerah di negara ini harus bertanggung jawab atas sistem pendidikannya sendiri.

Sekolah di Kanada memang tidak gratis, namun biaya hidup di sini lebih murah ketimbang negara Eropa dan Amerika Utara lainnya. Tak salah jika banyak mahasiswa ingin kuliah di Kanada.

Peringkat yang tinggi dalam Global Peace Index dan Human Development Index PBB, menjadi faktor penting tumbuh kembangnya pendidikan di negara itu.

4. Korea Selatan

Tidak hanya terkenal dengan teknologinya, pendidikan di Negeri Ginseng ini juga tercatat mengalami pertumbuhan pesat. Tidak dipungkiri, teknologi menjadi poin utama dalam perkembangan pendidikan negara ini. 

Yang bisa ditiru dari Korsel ialah pionir penyedia layanan akses internet berkecepatan tinggi. Akses ini ditujukan untuk siswa-siswi di sekolah dasar, menengah dan atas.

5. Selandia Baru

Selandia Baru ada di posisi ke-7 dalam PISA tahun 2009 lalu. Sementara berdasarkan Human Development Index PBB tahun 2008 lalu, Selandia Baru di urutan tertinggi.

Bersamanya ada Denmark, Finlandia, dan Australia. Salah satu rahasianya ialah negara ini diberikan kepada anak usia 6 hingga 16 tahun secara cuma-cuma.


Itulah tadi 5 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Apakah di antara kalian ada yang tengah merencanakan melanjutkan studi di salah satu negara tadi? ***

0 Response to "5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel