Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan, Ikuti Caranya

cek akreditasi kampus dan jurusan
Cek ekreditasi kampus dan jurusan pasti dilakukan sobat yang bersiap masuk perguruan tinggi. Berbagai hal pasti sudah direncanakan. Dan tidak ketinggalan ialah terkait akreditasi kampus bahkan jurusan yang akan diincar.

Sebenarnya sulit atau nggak sih cara cek ekreditasi kampus dan jurusan itu? 

Jawabannya nggak kalau sobat sudah tahu caranya. Dan tulisan kali ini memang khusus mengupas bagaimana melakukan pengecekan tersebut.

Tetapi sebelumnya wajib diketahui pentingnya mengetahui atau cara cek ekreditasi kampus dan jurusan. Biar sobat mengetahui sebaik apa kualitas kampus yang akan dijadikan tempat kuliah.

Berbicara tentang akreditasi, tentu saja tidak bisa lebih jauh dari penilaian mutu dan kualitas dalam suatu lembaga. Salah satunya adalah akreditasi perguruan tinggi. 

Akreditasi ini sangat penting bagi kelangsungan lembaga itu sendiri. Salah satunya adalah untuk menjamin kualitas dan mutu lulusan dari universitas ini.

Dalam pendidikan menteri Peraturan Nomor 28 tahun 2005 sudah ditetapkan pada akreditasi lembaga pendidikan yang diperlukan untuk melakukan proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan

cara cek akreditasi kampus dan jurusan
Akreditasi universitas sampai jusuran dapat dilihat langsung di situs resmi BAN-PT. Penasar, berikut langkah-langkahnya:

  • Pergi ke situs resmi BAN-PT di banpt.or.id.
  • Klik menu sareditasi data.
  • Pilih data pencarian submeni aAkreditasi.
  • Layar akan menampilkan dua kolom, program studi kolom dan kolom universitas (kursus).
  • Untuk memeriksa akreditasi universitas, masukkan nama universitas di kolom perguruan tinggi. Adapun memeriksa departemen akreditasi atau program studi, masukkan nama perguruan tinggi universitas di kolom, dan nama-nama kolom di Prodi Prodi.
  • Tunggu beberapa saat, dan layar akan menampilkan informasi akreditasi sesuai yang Anda minta. Informasi akreditasi akan muncul untuk jangka waktu 1 sampai 4, di mana 1 berlaku untuk jangka waktu 2-5 tahun.
  • Untuk memeriksa akreditasi perguruan tinggi online melalui website BAN-PT, Sobat sangat dianjurkan untuk menggunakan perangkat.

Perangat di sini seperti desktop atau PC laptop untuk kemudahan dan kenyamanan ketika mengakses halaman. Sedangkan bagi Sobat yang masih ingin menggunakan smartphone, ubahlah pengaturan browser untuk mengaktifkan versi pertama dari Desktop Site atau Situs Desktop.

Kriteria Penilaian Akreditasi

kriteria penilaian akreditasi
Jia sobat dengan mudahnya cek akreditasi kampus dan jurusan, maka tidak demikian mendapatkannya. ADa beberapa pihak yang terlibat dalam proses akreditasi.

yaitu universitas, BAN-PT, penilai dan validator. Semuanya difasilitasi oleh program aplikasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO).

Untuk melakukan penilaian dalam konteks akreditasi, ada 9 kriteria yang digunakan, mengacu pada aturan BAN-PT No 3 2019, yaitu:

  • Visi, misi, tujuan, dan strategi.
  • Tata, tata kelola, dan kolaborasi.
  • Mahasiswa.
  • Humah Resources.
  • Sarana, prasarana, dan keuangan.
  • Pendidikan.
  • Penelitian.
  • Pengabdian.
  • Output dan pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Mengacu pada Buku II Standar Akreditasi dan Prosedur Pascasarjana Program Studi. Akreditasi untuk program studi atau departemen harus dipenuhi oleh setiap lembaga yang menyelenggarakan kursus tingkat sarjana (S-1). Dengan akreditasi, menjadi komitmen sarjana strata dalam memberikan layanan prima dan pendidikan yang efektif.

Akreditasi kampus juga merupakan patokan yang menunjukkan kualitas atau mutu universitas dan studi program. Dan selanjutnya, akreditasi juga digunakan sebagai panduan sehingga perguruan tinggi dapat mempertahankan kualitas, bahkan untuk meningkatkannya agar menjadi lebih baik. ***

0 Response to "Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan, Ikuti Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel