Daftar 23 Sekolah Kedinasan di Indonesia

sekolah kedinasan
Sekolah kedinasan menjadi pilihan mereka yang lulus SMA. Bukan tanpa alasan, karena sejumleh sekolah kedinasan memberikan ikatan dinas kepada anak didiknya.

Selama ini, peserta didik sekolah kedinasan terkesan mentereng. Mereka juga bukan dipanggil mahasiswa, melainkan taruna. Jadi yang ada di bayangan peserta didik di sekolah kedinasan itu bentuk tubuhnya fit, sehat dan ideal.

Mungkin ada di antara kalian yang sedang menyiapkan diri atau bercita-cita masuk ke sebuah sekolah kedinasan. Di Indonesia, dari berbagai sumber yang ada, terdapat 23 sekolah jenis ini.

Daftarnya silakan kalian baca di bawah ini:

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)

Sekilas tentang sekolah ini, belajarnya tentang seluk-beluk dan rumitnya persoalan tanah di Indonesia. Kalau yang selama pernah mendengar tumpang tindah kepemilikan lahan, saatnya kalian sekolah di sini dan bantu menuntaskan persoalan tersebut hehe. 

Jangan khawatir, lulusannya jelas paham banyak aspek mengenai sistem agraria (pertanahan) di Indonesia. Kalau yang mau menjadi notaris, bisa mengawalinya dengan sekolah di tempat ini. 

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Dari namanya sudah kebaca, ini sekolah apa. Semua calon pilot pasti tahu betapa ketatnya persaingan masuk dan susahnya menjaga prestasi di Sekolah Tinggi Penerbangan di Curug, Banten, ini. 

Namun, jerih payah itu semua terbayarkan ketika lulus. Karena kalian akan menerbangkan, dan mendaratkan pesawat pertama dengan selamat.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Kalau kalian pingin jadi lurah, camat, bupati gubernur, coba deh sekolah di sini. Soal nanti benar-benar menjadi seperti yang diimpikan atau tidak pasti ada banyak faktor. Sekolah di sini akan membuka karier kalian di bidang pemerintahan.

Mendengar pegawai pasti langsung pingin. Tetapi harus belajar yang rajin dan jaga prestasi karena sekolah di sini syaratnya nggak gampang.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Sekolah ini pasti nggak asing buat kalian. Lulusan sekolah ini akan menjadi pencatat keuangan yang andal dan berkualitas.

Bisa sekolah di STAN kerap disebut memiliki kehidupan yang makmur. Tidak salah juga sih, sebab sekolah ini memang diminati lulusan sekolah menengah atas. 

Politeknik AKA Bogor

Sejak namanya masih Akademi Kimia Analis, Poltek AKA Bogor menularkan ilmu bagaimana menganalisis kimia dan terapannya secara mandiri di dunia kerja. Dengan demikian, jika kalian menjadi seorang pimpinan akan memiliki ilmu untuk membina anggota.

Biasanya lulusan sekolah ini banyak kalian temui di pekerjaan yang ada hubungannya dengan penjamin mutu (QA/QC) dan pengembangan.

Politeknik APP

Dulu, namanya Akademi Pimpinan Perusahaan yang kemudian berganti menjadi Politeknik APP. Poltek di bawah naungan Kementerian Perindustrian ini ngajarin para taruna tentang manajemen industri. 

Lulusannya jelas siap kerja kantoran di perusahaan swasta ataupun BUMN dengan skill dan keahlian mumpuni.

Politeknik Energi dan Mineral Akamigas

Bercita-cita kerja di bidang pertambangan? Langsung aja belajar di Politeknik Energi dan Mineral Akamigas. Peserta didiknya berkesempatan bekerja di berbagai perusahaan tambang bergengsi, mulai dari Pertamina hingga perusahaan luar multi-nasional.

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Yang pingin mendelami soal fenome alam seperti angin, hujan, gempa dan lainnya inilah sekolahnya. Ini sekolah calon pegawai dan pemimpin Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. 

Bagi kalian yang memang menyukai hal hal di bidang alam, cocok kayaknya sekolah di sini.

Politeknik Statistika STIS

Perguruan tinggi ini awalnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Ia berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik. 

Ilmu yang diajarkan mengenai aneka cara mengumpulkan dan mengolah data statistika supaya berguna buat pembangunan bangsa.

Multimedia Training Center

Sekolah tinggi di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika ini bisa menjadi tempat menyenangkan bagi orang kreatif. 

Lulusannya berpotensi kerja di kementerian penaungnya atau mandiri sebagai pekerja kreatif. Saat ini pekerja kreatif sudah diakui keberadaannya bahkan sempat memiliki badan sendiri yaitu Bekraf. 

Politeknik Kesehatan

Mau bekerja di Kementerian Kesehatan? Atau sudah melirik tempat kerja yang tetap ada hubungannya dengan kesehatan? Daftar di sini. 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA)

Sekolah ini di bawah naungan Lembaga Administrasi Negara. Tarunanya mendapatkan ilmu seluk-beluk sistem administrasi, mulai dari kearsipan hingga manajemen sumber daya dan pembangunan daerah. Jika lulus berpotensi kerja sebagai admin profesional atau jadi PNS.

Politeknik STMI

Para taruna politeknik STMI diajarin caranya mengelola industri besar dan seluk-beluknya. Diantaranya proses perekrutan karyawan, proses produksi industri. Juga tentang bisnis berbagai industri strategis di dalam negeri. 

Lulusannya tidak menutup kemungkinan bekerja sebagai pejabat profesional atau struktural di pabrik.

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Lembaga pendidikan ini ada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Para taruna Poltekip diajarin caranya mengelola lembaga pemasyarakatan. Tujuannya supaya mampu memasyarakatkan para tahanan. 

Coba tanya diri sendiri, apakah ada ketertarikan bekerja di bidang yang masih memiliki hubungan dengan hukum. Bergensi juga lho gaes.

Sekolah Tinggi Perikanan

Nama lembaga tingginya sudah jelas menunjukkan ini sekolah apa. Bagi yang ingin mendampingi menteri perikanan dan kelautan silakan merapat ke kampus ini. Siap menjaga kedaulatan maririm yang dihuni begitu banyak ikan agar tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tek bertanggung jawab.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Kalo kamu ingin jadi mata-mata, agen rahasia, atau badan intelejen, buruan deh daftar di STSN. Serius! Lulusannya berpotensi besar masuk sebagai anggota Badan Intelijen Negara (BIN).

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT)

Sementara itu, kamu yang berniat kerja dalam bidang tekstil, fashion, dan garment buruan daftar ke STTT Bandung. Setelah lulus, kamu bisa jadi desainer, penjahit, perancang e-fashion, atau pemilik usaha konveksi.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

Pengen menuntaskan macet? Muak sama ruwetnya jalanan kota? Atau, kamu pengen jadi masinis? Itu artinya kamu harus menimba ilmu dulu di STTD.

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)

Sekolah tinggi apa, nih!? Gak usah keheranan sama namanya. STKS mengajarkan para taruna berbagai ilmu pelayanan publik bidang Pelayanan Anak, Pelayanan Disabilitas, Pelayanan Kebencanaan, Pelayanan Kemiskinan, Pelayanan Medis, dan Penanganan Narkoba.

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung

Pengen kerja pada bidang food & beverages, hospitality, perhotelan, hingga pariwisata? Langsung aja masuk STP Bandung, bro dan sis!

Politeknik Imigrasi

Sesuai namanya, Politeknik Imigrasi ngajarin para taruna mengelola sistem perpindahan penduduk mancanegara ke Indonesia atau sebaliknya. Lulusan politeknik ini jelas berpotensi besar bekerja sebagai petugas keimigrasian bandara atau pengelola transportasi lintas negara.

Akademi Militer RI

Pasti salah satu temen kamu ada yang bercita-cita masuk akademi militer, deh. Sekolah tinggi kedinasan ini terbilang salah satu yang terpopuler sehingga pendaftarnya buanyak. 

Para taruna diajarin supaya siap terjun sebagai personel TNI.

Akademi Kepolisian RI

Lembaga pencetak personel Polri ini buka beberapa jalur seleksi untuk milih the next Taruna, Tamtama, dan Bintara. Beberapa program seleksinya ada yang udah tutup pada 2 Mei 2018, loh.

Nah sudah baca semuanya? Kini kalian tinggal membayangkan ah andaikata sudah menjadi taruna sekolah kedinasan. ***

0 Response to "Daftar 23 Sekolah Kedinasan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel